Selasa, 26 April 2011

Pendapat Tentang Setuju Tidaknya Pendapatan Sebagai Faktor Kemajuan Suatu Negara

pertumbuhan Ekonomi di setiap negara berbeda - beda tergantung dari tingkat pendapatan per kapita suatu negara tersebut dan tergantung dari berapa besar pendapatan / penghasilan dari penduudknya. Jika pendapatan Negara itu tinggi maka pertumbuhan ekonominya juga cepat tetapi sebaliknya jika pendapatan suatu negara itu di bawah rata – rata maka pertumbuhna ekonominya juga rendah.


Faktor yg menyebabkan kan kemakmuran suatu negara salah satunya adalah adanya Pendapatan Nasional


Saya setuju bahwa pendapatan nasional itu faktor penentu kemakmuran suatu negara.karena Pendapatan nasional merupakan salah satu ukuran pertumbuhan ekonomi suatu negara.dan manfaat adanya pendapatan nasional itu Selain bertujuan untuk mengukur tingkat kemakmuran suatu negara dan untuk mendapatkan data-data terperinci mengenai seluruh barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara selama satu periode, perhitungan pendapatan nasional juga memiliki manfaat-manfaat lain, diantaranya untuk mengetahui dan menelaah struktur perekonomian nasional. Data pendapatan nasional dapat digunakan untuk menggolongkan suatu negara menjadi negara industri, pertanian, atau negara jasa. Contohnya, berdasarkan pehitungan pendapatan nasional dapat diketahui bahwa Indonesia termasuk negara pertanian atau agraris, Jepang merupakan negara industri, Singapura termasuk negara yang unggul di sektor jasa, dan sebagainya.Saya pun setuju tentang pendapat Hendra,Esmara,Dudley Seers dan J.L Tamba.Yaitu sbb:


Pendapat Hendra, Esmara Dalam Pengukur Kesejahteraan Suatu Negara:
Penduduk dan kesempatan kerja
Pertumbuhan ekonomi
Perneratan dan kesejahteraan nusywakat

Pendapat Dudley Seers Dalam Pengukur Kesejahteraan Suatu Negara:
Tingkat kemiskinan
Tingkat pengangguran
Tmgkat ketimpangan di berbagai bidang

Pendapat J.L. Tamba Dalam Pengukur Kesejahteraan Suatu Negara:
Kesehatan dan keamanan
Pendidikan keahlian dan standart hidup
Pendapatan
Pernukirnan

Disamping itu, data pendapatan nasional juga dapat digunakan untuk menentukan besarnya kontribusi berbagai sektor perekomian terhadap pendapatan nasional, misalnya sektor pertanian, pertambangan, industri, perdaganan, jasa, dan sebagainya. Data tersebut juga digunakan untuk membandingkan kemajuan perekonomian dari waktu ke waktu, membandingkan perekonomian antarnegara atau antardaerah, dan sebagai landasan perumusan kebijakan pemerintah.jadi saya sangat setuju dengan faktor-faktor yg di sebutkan di atas.

Sumber:Materi Distribusi dan Kemiskinan
1. Laporan Bank Indonesi
2. Buku Aris Budi Setyawan
3. Indra Maipita 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar